Sumber : HaloDesain |
Dari sekian banyak redesain logo yang diluncurkan pada semester pertama
2015, ada beberapa di antaranya yang cukup menyita perhatian publik.
HaloDesain mencoba mengumpulkan proyek-proyek redesain yang menyita
perhatian publik ini, dan mengumpulkannya sebagai proyek redesain
terpopuler. Penilaian paling populer ini didapat setelah melakukan
beberapa pertimbangan dari berbagai aspek, seperti tingkat sosialisasi
dan pemberitaan di media.
Dari hasil pertimbangan tersebut, kami memilih sepuluh di antaranya untuk ditempatkan sebagai proyek redesain logo terpopuler. Inilah 10 Redesain Logo Terpopuler 2015 yang dikutip oleh Halo Desain :
10. Dar! Mizan
Sumber : Halo Desain |
Dar! Mizan, yang merupakan salah satu lini penerbit Mizan yang fokus pada
penerbitan buku anak dan remaja meluncurkan logo baru pada pertengahan
Mei lalu. Menurut pihak Dar!, visualisasi balon kata pada logo barunya
menggambarkan karakteristik penerbit yang selalu membuka jalan bagi
penulis untuk menuangkan buah karya dan ide mereka. Sementara warna
oranye dan jenis huruf yang terkesan fancy, melambangkan kedinamisan dunia anak dan remaja.
9. Kementerian BUMN
Sumber : Halo Desain |
Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-17, Kementerian Badan Usaha
Milik Negara (BUMN) meluncurkan logo baru. Logo ini mengusung empat
komponen yang terdiri dari bulatan kanan atas, lingkaran yang bergerak
dinamis ke atas, dan panah ke atas. Logo baru ini mengusung tema Sinergi
Membangun Negeri, yang bermakna jika BUMN harus bisa menjadi agen
pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.
8. Axis
Sumber : Halo Desain |
Provider seluler Axis hadir dengan wajah baru pasca merger dengan
XL. Melalui kesederhanaan logo barunya, Axis mencoba menyampaikan
strategi branding-nya sebagai layanan telekomunikasi yang
menyediakan layanan simpel, terutama untuk sekedar menelpon, SMS, dan
data internet sesuai kebutuhan dengan tarif irit.
Sumber : Halo Desain |
Astra Motor
memperkenalkan logo baru perusahaannya, dengan visualisasi yang
didominasi oleh warna biru dan merah. Warna biru, selain melambangkan
kepercayaan, dinamis, kreativitas, serta loyalitas, juga mewakili warna
PT Astra International Tbk sebagai induk perusahaan Astra Motor.
Sementara warna merah mewakili warna logo sepeda motor Honda, sebagai
produk utama dalam penjualan retail Astra Motor.
6. Blibli
Sumber ; Halo Desain |
Setelah tiga tahun menggunakan logo lama, Blibli memutuskan untuk menyegarkan brand
mereka melalui peluncuran logo baru. Pada logo barunya, Blibli
melakukan sedikit perubahan warna, bentuk, dan tagline. Selain itu, ada
pula penambahan logogram berupa ikon keranjang belanja, yang menunjukkan Blibli sebagai situs belanja online.
5. TB Gramedia
Sumber : Halo Desain |
Gramedia mengumumkan peluncuran logo baru. Logo bergaya lettermark dengan logotype
Gramedia ini memiliki makna kreativitas, fleksibilitas, kemajuan,
perubahan, dan kekuatan untuk memberikan ide dan insipirasi dalam
mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.
4. Biznet
Sumber : Halo Desain |
Pasca melakukan joint venture dengan Internet Initiative Japan
Inc., Biznet melakukan redesain logo untuk seluruh lini bisnisnya.
Menurut Biznet, redesain logo ini bertujuan untuk menciptakan sebuah
identitas yang dapat merepresentasikan transformasi Biznet dari semula
hanya berupa perusahaan B2B, menjadi perusahaan B2B dan B2C bertaraf
internasional.
3. Pemkot Pekalongan
Sumber : Halo Desain |
Pemerintah Kota Pekalongan mengambil langkah
strategis dengan meluncurkan logo baru. Selain untuk mengganti logo lama
yang dinilai kurang fleksibel, peluncuran logo baru yang didapatkan
dari hasil sayembara ini diharapkan mampu memberi semangat baru bagi
masyarakat Kota Pekalongan. Proyek redesain logo Pemkot Pekalongan ini
sempat ramai diliput media setelah munculnya penolakan dari segelintir
warga dan beberapa anggota DPRD.
2. Kaskus
Sumber : Halo Desain |
Kaskus yang merupakan forum online terbesar di Indonesia
memperkenalkan logo baru. Menurut pihak Kaskus, perubahan logo ini
mempresentasikan bahwa di usianya yang ke-15, Kaskus tetap relevan
dengan penggunanya dan mengikuti tren yang juga berubah. Dengan
perubahan logo ini, Kaskus ingin meningkatkan value yang sudah ada.
1. Jogja (Place Branding)
Sumber : Halo Desain |
Setelah sempat terbentur masalah togua-gate yang menyita perhatian netizen, Badan Pemerintahan Daerah Yogyakarta membentuk Tim 11 yang beranggotakan elemen masyarakat yang berkompeten terhadap visual branding. Tugas tim ini adalah membantu pemerintah daerah dalam memilih logo baru, yang dilakukan melalui proses lomba.
0 komentar:
Posting Komentar